Sabtu, 16 Juni 2012

AKARD's Guide - Misstiming

Yooosh~~ Met malam semua. Semoga selalu dalam keadaan sukses dan kesehatan selalu menyertai :D

Hmm, malam ini gw ingin posting tentang dasar dalam bermain YGO. Kali ini gw mau menjelaskan tentang aturan yang mungkin sangat rumit dijelaskan dalam bermain YGO. Yaitu suatu kejadian yang bernama " Missing the Timing " .


" Sometimes, an optional effect can only be activated "when" a condition happens. In this case, you are only allowed to activate the effect when the activation condition being met was the last thing to happen in the game. If something else happened after the activation condition was met, then you have missed the timing, and cannot activate the optional effect. "


~yugioh.wikia.com





Singkatnya, Miss the Timing adalah kejadian dalam dunia perYGOan dimana suatu kartu yang bertuliskan " When this card is (bla bla bla), you can (bla bla bla) , atau yang biasa disebut " Optional Trigger Effect (OTE) " beradu gelombang dengan suatu kejadian dalam duel, dan kartu yang OTE tersebut, tidak menjadi hal yang terakhir terjadi dalam duel.




Penjelasannya agak rumit ya? Oke, kita langsung pada praktek.




Umumya, Miss the Timing akan terjadi pada kartu OTE , contohnya : Peten the Dark Clown (monster), dan Card of Safe Return (Spell Card). Masih banyak contoh lain sih, tapi kartu-kartu OTE tersebut punya satu ciri-ciri, bertuliskan " When this card is (bla bla bla), you can (bla bla bla) "


Misalnya, ada kartu monster yang mempunyai effect (yang mirip) seperti ini


When this card is sent to your Graveyard, you can remove from play this card from the Graveyard to Special Summon 1 "Peten the Dark Clown" from your hand or Deck. "


~Peten the Dark Clown

Kartu monster dengan effect di atas kita Tribute Summoned/Set dengan 1 Tribute/Synchro Summon, walau monster itu terkirim ke Graveyard dan kondisi untuk mengaktifkan effect " you can remove from play this card from the Graveyard to Special Summon 1 "Peten the Dark Clown" from your hand or Deck. " terpenuhi, tetap terjadi Miss the Timing karena hal terakhir/kejadian terakhir yang terjadi adalah Tribute Summoned/Set dengan 1 Tribute/Synchro Summon.

contoh gambar











Untuk Spell Card? Misalnya Spell Card itu mempunyai effect (yang mirip) seperti ini


When a monster(s) is Special Summoned from your Graveyard, you can draw 1 card. "

~Card of Safe Return (CoSR)

Kartu di atas mewajibkan kita harus memanggil khusus a.k.a Special Summon 1 monster dari Graveyard supaya kamu bisa (boleh ya atau tidak) mengambil 1 kartu dari deck a.k.a draw 1 card. Nah, misalnya, lawan mengaktifkan  Backs to the Wall (BttW) lalu kita membalas/chain dengan kartu miliknya yaitu Double-Edged Sword Technique (DEST) , urutan kejadian adalah, DEST kita memanggil 2 Six Samurai dari Graveyard kita dan BttW lawan memanggil sebanyak-banyaknya Six Samurai dari Graveyardnya. Seharusnya, CoSR aktif, kan kita sudah memanggil monster dari Graveyard, tapi, terjadi Miss Timing karena saat monster sendiri dipanggil, hal terakhir/kejadian terakhir adalah lawan juga memanggil monster dari Graveyardnya dengan effect BttW. 

contoh gambar






(Sorry contohnya pernak-pernik The Six Samurai semua :3 )


Ada lagi nih, suatu kasus dimana effectnya mempunyai kata " Then " a.k.a "double effect" yang harus dijalankan saat itu juga. Ok, langsung saja

Destroy 1 face-up monster your opponent controls. Then, your opponent gains 1000 Life Points. "

~Soul Taker

Misalnya, Peten yang terbuka a.k.a Face-Up ditarget pakai Soul Taker ini, Peten akan hancur dan terkirim ke Graveyard. Harusnya dia bisa manggil temen dari deck dund, eh, ternyata ga bisa dink. Karena saat dia hancur dan masuk Graveyard, Soul Taker punya effect yang harus dijalankan lagi, yaitu ngasih lawan tadi 1000 Life Point. Baik yah?

contoh gambar








Mungkin segitu yang bisa gw kasih hari ini. Maaf kepanjangan karena kadang kalau lagi mood gw suka ngasi suatu hal itu sangat detail. Sebenarnya bukan karena mood aja si, gw lebih suka ngejelasin hal-hal dasar itu lewat tulisan karena ribet jelasinnya secara langsung. Soal praktek, pandai-pandai lah yauw. Lol *dihajar

HAVE FUN~

~Garaito




Tidak ada komentar:

Posting Komentar