Senin, 18 Juni 2012

AKARD's Guide - Counter

Yosh~ Selamat malam semua. Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan kesuksesan menyertai :D

Nah kemaren telah dijelaskan guide tentang " Misstiming ". Kali ini gw ingin memposting tentang sesuatu yang sangat sering ditemui bila seorang newbie minta diajarin tentang Yu-Gi-Oh! (YGO), yaitu Counter.

Counter dalam YGO itu mempunyai 2 makna. 1 adalah sebuah jenis kartu Trap yang (kebanyakan) berfungsi sebagai penegate effect suatu kartu dan 1 lagi adalah bagian effect dari suatu kartu.

Nah kali ini yang dibahas adalah jenis Counter yang ke 2, yang merupakan bagian effect dari kartu.




" A COUNTER is a generic way, usually employed on a Monster Cards, to note how many times a limited effect has been used, etc. Many cards use Counters of a specified type. However, there are some that use non-specific Counters "


~yugioh.wikia.com


Berdasar pengertian yang dibold, akan sedikit gw artikan bahwa Counter adalah sebuah cara  dalam YGO, untuk menentukan dan menghitung sebuah effect yang mempunyai ruang lingkup yang terbatas. Maksudnya Counter itu berfungsi untuk menentukan, sampai mana batas suatu effect bisa digunakan sesuai dengan berapa Counter yang dibutuhkan untuk mengaktifkan effect tersebut . Jadi counter itu benda semu, tidak terlihat tapi ada.

Sebagian besar kartu di YGO menggunakan Counter yang spesifik/khusus. Kekhususan ini dimaksudkan supaya kartu-kartu itu berhubungan satu sama lainnya. Tapi ada juga beberapa kartu yang tidak menggunakan Counter yang khusus tersebut. Mereka punya effect masing-masing untuk menjalankan dan menggunakan Counter tersebut .

Counter biasanya ditandai dengan koin, dadu atau benda lain yang bisa menjadi tanda.

Tentunya hanya penjelasan tulisan ini tidak akan mudah dimengerti. Baiklah, kita langsung saja pada contoh :

Dalam contoh kali ini, gw memakai kartu dari "grup"  " The Six Samurai " karena hanya kartu jenis itu yang ada dalam drive gw :p


" Bersatu kita teguh. Bercerai sendiri-sendiri (eh?) "

Effect

" Each time a ' Six Samurai ' monster(s) is Normal or Special Summoned,
place 1 Bushido COUNTER on this card (max. 2).
You can send this card to the Graveyard, to draw 1 card for each
Bushido Counter on this card "

Nah, dalam effect di atas, dijelaskan bahwa ada sebuah Counter bernama Bushido Counter yang merupakan Counter yang khusus dan spesifik untuk kartu "grup" The Six Samurai. Dalam tulisan kartu Six Samurai United di atas, kita bisa lihat bahwa kartu itu mempunyai effect yang terbatas : mendapat Counter bila ada Six Samurai yang di-Normal Summon atau Special Summon, dan effectnya terbatas hanya menarik (draw) kartu sebanyak berapa Bushido Counter yang ada pada kartu tersebut. Kita lihat bahwa Bushido Counter berfungsi sebagai penghitung untuk effect Six Samurai United, berapa Counter yang dibutuhkan untuk menarik kartu.


Tadi gw bilang bahwa beberapa Counter yang khusus akan membuat kaitan antara satu kartu dengan satu kartu lainnya bukan? Baiklah, ini contohnya.


" Pagar kayu anti bocor (?) "

Effect 

" Each time a ' Six Samurai ' monster is Normal Summoned or Special Summoned,
place 2 Bushido Counter on this card.
You can remove Bushido Counters from your side of the field
to apply the following effect :
2 Counters : Until End Phase of this turn, 1 face up ' Six Samurai ' or 
' Shien ' Effect Monster gains 500 ATK
4 Counters : Add 1 ' Six Samurai ' from your Deck or your Graveyard
to your hand. 
6 Counters : Special Summon 1 " Shien " Effect Monster from your Graveyard "


Nah, dalam kartu ini sudah ditulis batasan-batasan dalam menggunakan effectnya seperti berapa counter yang harus dihilangkan (diremove) untuk menjalankannya. Tapi, dimana keterkaitannya dengan Six Samurai United? Tadi katanya kan bila Counter yang spesifik seperti Bushido Counter mempunyai keterkaitan satu sama lainnya?

Coba kita lihat dalam Gateway of the Six, tertulis " You can remove Bushido Counters from your side of the field " . Nah ini dia! Gateway mengizinkan kita untuk menghilangkan Bushido Counter darimana saja asal masih di field kita. Berarti, Counter dari Six Samurai United bisa kita hilangkan untuk memakai effect Gateway of the Six.

Misalnya, di field kita ada 1 Gateway dan 1 Six Samurai United. Kita Normal Summon 1 The Six Samurai Zanji, dan dari tangan kita Special Summon Grandmaster of the Six Samurai. Otomatis di Gateway ada 4 Counter dan di Six Samurai United ada 2 Counter. Maka, 2 Counter dari Gateway dan 2 Counter dari Six Samurai United bisa dipakai untuk memakai effect " 4 Counters : Add 1 ' Six Samurai ' from your Deck or your Graveyard to your hand. "


Mungkin sekian untuk kali ini. Semoga bisa membantu pemahaman yang membaca tentang Yu-Gi-Oh! 
HAVE FUN :D


~Garaito




Tidak ada komentar:

Posting Komentar